Politik dan Pemerintahan Sikapi Virus Corona, Pemkot Bengkulu Liburkan Sekolah

Sikapi Virus Corona, Pemkot Bengkulu Liburkan Sekolah



MediaKT.COM, Bengkulu – Menyikapi serius persoalan virus corona (Covid-19) yang jadi momok menakutkan masyarakat Indonesia termasuk masyarakat Kota Bengkulu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan wawali Dedy Wahyudi Minggu (15/3/20) menggelar rapat khusus membahas corona di Balai Kota.

Hasil rapat setelah mendengar langsung masukan-masukan dari FKPD, Sekda dan seluruh OPD terkhusus Kadis Dinkes, Direktur RSHD dan perwakilan Dinas Dikbud, Helmi mengeluarkan 7 instruksi yang nanti akan ditulis dalam surat edaran (SE) untuk diteruskan ke masyarakat.

Yang pertama meliburkan sekolah di Kota Bengkulu terhitung Senin sampai 14 hari ke depan mulai PAUD, SD, SMP, SMA, pesantren sampai universitas/perguruan tinggi. Instruksi kedua menunda/membatasi berpergian ke luar daerah. Khusus ASN/pejabat dihimbau tidak dinas luar (DL) sementara waktu, kecuali urgent/darurat.

“Kita sudah rapat. Seluruh sekolah diliburkan. Kita juga sudah instruksikan semua ASN tidak boleh keluar Kota Bengkulu kecuali yang betul-betul urgen,” kata Helmi.

Instruksi ketiga, menghindari berjabat tangan, cipika-cipiki diganti dengan Salam Hidayah. Instruksi keempat bagi ASN, tidak menggunakan absen finger, diganti dengan absen manual. Instruksi kelima untuk di tempat umum, bank, pelayanan publik, mall, pengelola wajib menyediakan handsanitizer, tempat cuci tangan.

Selanjutnya instruksi keenam masyarakat agar meningkatkan cek kesehatan di bandara dan setiap pintu masuk – keluar Kota Bengkulu. Instruksi terakhir, meyakini bahwa virus ini adalah ciptaan Allah (Tuhan). Bagi ummat Islam selalu perbarui wudhu. Perbanyak infaq/sodaqah, berpuasa, berdoa dan ikhtiar agar Kota Bengkulu dijauhkan dari virus corona.

“Kita meyakini bahwa corona ini adalah ciptaan Allah. Maka yang bisa memberikan manfaat dan mudarat hanya Allah. Maka tingkatkan intensitas ritual ibadahnya sesuai keyakinan masing-masing. Kita juga menghimbau umat Islam jaga wudhu. Jadi 24 jam harus dalam keadaan wudhu, dalam keadaan suci bersih,” jelas Helmi.

Lanjut Helmi, warga Kota Bengkulu juga dihimbau selalu mencuci tangan. Sementara ASN masih tetap ngantor seperti biasa. “ASN tetap ngantor, tapi nanti kita tunggu petunjuk Mendagri. Kalau ada instruksi Mendagri untuk merumahkan ASN tentu kita akan mengikuti. Untuk sementara ini yang kita hentikan adalah sisa dari rangkaian kegiatan HUT Kota Begkulu seperti lomba-lomba futsal legislatif dan eksekutif, kita drop dulu,” tutup Helmi.(adv)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *