KT NEWS,Politik dan Pemerintahan Nilai Sakip B, Dedy : Sebuah Torehan Prestasi Membanggakan

Nilai Sakip B, Dedy : Sebuah Torehan Prestasi Membanggakan



MediaKT.COM, Batam – Kota Bengkulu berhasil meraih nilai maksimal dalam hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) wilayah 1, Senin (10/2/2020) di Raddison Golf & Convention Centre Batam, Bukit Indah Sukajadi Residential Area – Kota Batam Kepulauan Riau.

Alhamdulillah, atas berkat rahmat Allah subhanahu wa ta’ala, penilaian SAKIP Pemda Kota Bengkulu berhasil nilai B. Sebuah torehan prestasi yang membanggakan, dimana ini indikator kinerja pemerintah,” kata Dedy di resmi Facebooknya.

Ia menekankan prestasi ini buah keberhasilan dari kekompakkan kinerja Pemerintah Kota Bengkulu di bawah kepemimpinan Wali Kota H Helmi Hasan.

Prestasi buah dari kerja keras seluruh jajaran Pemkot di bawah Kepemimpinan Bapak Walikota H Helmi Hasan. Target tahun depan, SAKIP meningkat menjadi BB.
Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar Pemda berorientasi pada hasil. Program pembangunan harus fokus. Ada tidak hasil pembangunan yang dirasakan masyarakat,” Dedy menambahkan.

Ia mengungkapkan prestasi ini berhasil diraih karena beberapa indikator.

Alhamdulillah, program nyata Pemkot seperti pembangunan jalan, lampu jalan, bidang pelayanan publik, e-government mendapat point tertinggi dalam penilaian SAKIP. Anggaran harus benar-benar fokus. SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas. Ini menjadi kado HUT Kota Bengkulu bulan Maret mendatang. Setelah hasil Penilaian Pengelolaan Keuangan Daerah mendapat Predikat WTP, kini evaluasi SAKIP nilai B. Alhamdulillah Wa syukurilah…,” Dedy menguraikan.

Hiruk pikuk proses persiapan penilaian ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu, dengan melibatkan seluruh OPD dilingkungan Pemkot Bengkulu.

Adapun pedoman penilaian SAKIP terdiri dari 5 komponen utama yang terdiri dari : Perencanaan Kinerja 30 persen, Pengukuran Kinerja 25 persen, Pelaporan Kinerja 15 persen, Evaluasi Kinerja 10 persen, dan Capaian Kinerja 20 persen.

Untuk diketahui, penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/Kota Wilayah 1 meliputi daerah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan Banten dan Jawa Barat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *