KT NEWS,Politik dan Pemerintahan “Gundul” Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

“Gundul” Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan



Mediakt.com – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE, MM mengajak masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam buah dan sayuran. Hal ini disampaikan dalam acara Launching Program Obor Pangan Lestari di Dinas Ketahanan Pangan, Selasa (3/12).

Selain launching program Obor, bupati juga hadir ikut menyosialisasikan Gerakan Tanam Masyarakat. Saat kegiatan launching, bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk beberapa Kelompok Wanita Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

Adapun bantuan yang disalurkan, Rice Miling Unit untuk Gapoktan Empat Serangkai Desa Melao Kecamatan Manna serta bantuan untuk 5 Kelompok Wanita Tani untuk program Kawasan Rumah Pangan Lestari. Masing-masing Kelompok Wanita Tani menerima bantuan sebesar Rp 50 juta.

Selain itu Gusnan menyerahkan sertifikat prima 3 keamanan pangan kepada Sahirmin untuk komoditi jambu biji dan Yauhari, warga Desa Padang Siring Kecamatan Seginim untuk komoditi melon.

Dikatakan Gusnan, lahan pekarangan harus dimanfaatkan dengan cara menanam buah dan sayuran. Namun di balik itu semua, Perda hewan ternak agar dikandangkan harus dipatuhi. Sebab tanaman pekarangan akan tumbuh dengan baik bila tidak ada hewan ternak yang mengganggu.

“Intinya masyarakat Bengkulu Selatan jangan terlalu bergantung dengan buah dan sayur dari daerah lain, karena masyarakat Bengkulu Selatan juga mampu menanam buah dan sayur yang sehat di sekitaran rumah asalkan mau,” ujar Gusnan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, Iskandar, AZ didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful mengatakan, tujuan kegiatan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari ini diharapkan dapat juga sejalan dalam program kesehatan, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan serta pencegahan stunting. “Manfaatkan pekarangan rumah sebagai bahan pangan yang sehat, bergizi dan masyarakat harus inovatif,” pungkas Iskandar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *