Politik dan Pemerintahan Datangi DPRD Provinsi, Guru Honorer Tuntut Jadi PNS

Datangi DPRD Provinsi, Guru Honorer Tuntut Jadi PNS



Mediakt.com.com , Bengkulu – Beberapa perwakilan guru honorer Kategori 2 (K2) Provinsi Bengkulu melakukan hearing dengan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, menuntut untuk dijadikan sebagai Guru PNS, Rabu (18/12).

Alman umar salah satu tenaga honorer K2 guru SMAN 6 Kota Bengkulu mengatakan di Kota Bengkulu tinggal 29 orang lagi yang belum diangkat menjadi PNS.

“Tidak banyak tuntutan kami Kalau dihitung masa kerja, kalau berkarat sudah lebih berkarat,” terang Alman dalam hearing bersama Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, kemarin (18/12).

Disampaikannya, rata-rata guru honorer K2  sudah bekerja sejak 2005 lalu hingga saat ini, Janji pemerintah untuk pengangkatan PNS, tidak kunjung direalisasikan.

Padahal sebelumnya, honorer K2 lainnya telah lebih dulu di angkat menjadi PNS.

“Tolong perjuangkan nasib kami untuk diangkat,” tambahnya.

Selama menjadi guru honorer K2, banyak persoalan kesejahteraan yang terjadi, Gaji yang hanya sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 600 ribu perbulan juga terkadang tidak ada kepastian, Bahkan pernah telat pembayaran gaji sampai lima bulan.

“Pernah berbulan-bulan tidak gajian. Untuk operasional, kami harus cari cara lain dari rumah tangga,”jelas Alman.

Sementara itu, hearing diterima empat anggota Komisi IV yaitu Wakil Ketua Komisi IV Dempo Xler, Anggota Imron Rosyadi, Zulasmi Oktarina dan Fitri itu.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Dempo Xler mengatakan, untuk gaji honorer K2, Pemprov harus memprioritaskan minimal sama dengan gaji honorer OPD pemprov Rp 2 juta.

“Guru K2 ini jangan digaji hanya Rp 1 juta, tapi harus disamakan dengan honorer OPD,” Ujar Dempo.

Kemudian ketika ada perekrutan CPNS guru, maka honorer K2 bisa diprioritaskan. Minimal 50 persen dari K2 dan 50 persen lagi dari umum. “Kami juga akan memperjuangkannya, menyampaikan masalah ini kepada pemprov, khususnya OPD terkait,” tutupnya. (Hr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *